contoh multimedia pembelajaran linier dan multimedia pembelajaran interaktif - MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT

Latest

MASUKKAN KATA KUNCI PENCARIAN

Jumat, 22 September 2017

contoh multimedia pembelajaran linier dan multimedia pembelajaran interaktif

  • Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.
Adapun contoh dari multimedia linier adalah sebagai berikut:




  • Multimedia interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna (guru)  dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.
  • Contoh : multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dan masih banyak yang lainnya.
Adapun contoh dari multimedia interaktif adalah sebagai berikut:


6 komentar:

  1. Multimedia interaktif yang di buat sudah sangat baik, karena dilengkapi dengan konsep, materi, definisi dan sifat serta latihan.
    Namun, menurut saya, alangkah lebih baiknya jika pengertian translasi di artikan dengan kalimat yang lebih komunikatif bagi siswa smp (bahasa yang lebih sederhana) baru setelahnya di jelaskan rumusnya.
    Selain itu pada latihan, jika bisa digunakan suatu kotak sebagai tempat untuk mengisi jawaban dengan hyperlink ke slide jawaban. Jadi mereka bisa tahu apakah jawabannya benar atau salah.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas tambahannya :)
      Untuk pengembangan dan pendesainan multimedia interaktif berikutnya saya akan lebih memperhatikan hal-hal tersebut.

      Hapus
  2. Seperti yang telah kita bahas tentang prinsip prinsip multimedia pembelajaran nah setiap kita menggunakan media pembelajaran pasti ada prinsip prinsip tersebit yang terkandung di dalamnya, jadi apabila kita memberi contoh media atau vidio pembelajaran supaya disertai dengan penjelasan prinsip apa yang terkandung didalamnya agar pembaca bisa mendapatkan informasi yang lengkap, trimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih tambahannya, memang banyak prinsip yang diterapkan dalam pengembangan multimedia baik linier maupun interaktif. Ini akan menjadi tambahan buat blog saya dimana prinsip yang terkandung didalam contoh multimedia yang saya paparkan:
      - multimedia linier :
      1. prinsip multimedia, dimana pelajar akan belajar lebih baik dengan kata dan gambar
      2. prinsip kesinambungan waktu (temporal continuity), dimana kata dan gambar ditampilkan berkesinambungan

      -multimedia interaktif:
      1. prinsip multimedia, siswa lebih baik belajar dari kata dan gambar daripada hanya kata saja
      2. prinsip kesinambungan waktu, siswa belajar lebih baik jika kata dan gambar ditampilkan berkesinambungan
      3. prinsip modalitas belajar, siswa lebih baik belajar dari animasi dan narasi daripada animasi dengan teks layar

      Hapus
  3. Multimedia interaktif yg disajikan sudah bagus. Namun dalam pembuatan multimedia jenis ini harus memperhatikan jenis konsumennya agar apa yg disajikan mampu diterima dg baik dan sesuai dg tujuan yg diharapkan. Disini saya mau bertanya, bagaimana cara mengkomunikasikan multimedia interaktif agar tujuan yg diharapkan tercapai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya kita diharuskan untuk memilih media ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Misalnya jika kita memperlajari tentang konsep maka dalam multimedianya haruslah berisi item-item yang mengarahkan untuk menguasai konsep. Disamping peran multimedia, peran guru sangatlah penting dalam mengkomunikasikan multimedia kepada siswa, guru dituntut untuk bisa mengarahkan siswa sampai tercapainya tujuan pembelajaran. Multimedia interaktif juga didefinisikan dengan multimedia yang memiliki alat pengontrol, nah.. disinilah peran guru harus diarahkan dalam mengontrol multimedianya sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik

      Hapus