apakah yang dimaksud dengan multimedia? - MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT

Latest

MASUKKAN KATA KUNCI PENCARIAN

Sabtu, 26 Agustus 2017

apakah yang dimaksud dengan multimedia?


Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi.
Ada 2 jenis multimedia, yakni:
  1. Multimedia linier
  2. Multimedia interaktif 
Adapun multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan berurutan.
Contohnya TV dan Film.

Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna. sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.
Contohnya: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi, game, dan lain-lain.

Tahukah kalian apakah kelebihan dari menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran?

Adapun kelebihannya adalah pembelajaran menjadi inovatif dan interaktif, siswa juga mampu memvisualisasikan materi yang selama ini sulit, dan masih banyak kelebihan dalam mengajar menggunakan multimedia.

8 komentar:

  1. Dari dua jenis multimedia yaitu multimedia linear dan multimedia interaktif. Multimedia manakah yang cocok dalam pembelajaran matematika? Tolong berikan contoh multimedianya?


    Terima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesungguhnya kedua jenis multimedia ini dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi hanya saja multimedia linier sulit diaplikasikan kedalam materi matematika. Sehingga menurut saya multimedia interktif paling cocok diterapkan pada pembelajaran matematika. contoh simple multimedianya adalah power point dan flash (tentunya memakai konsep yang interaktif). selain contoh diatas kita bisa memakai games dalam pembelajaran matematika. seiring berkembangnya teknologi banyak game yang bisa kita download untuk dapat diterapkan didalam kelas.

      Hapus
    2. anda benar bahwa multimedia linear sulit diaplikasikan ke dalam materi matematika karena berdasarkan pada pengertian multimedia linear yaitu suatu multimedia yang tidak dilengkapi alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Jadi, karena tidak dilengkapi dengan alat pengontrol. Pembuat multimedia akan mengalami kesulitan dalam mendesainnya.

      Hapus
    3. iya saudari ana :)
      Multimedia linier mungkin akan lebih cocok digunakan untuk memvisualiasikan sesuatu saja. Misalkan pemutaran film pendek yang menceritakan seseorang yang sedang berbelanja, ini bisa diaplikasikan ke materi aljabar. akan tetapi kontrol guru didepan kelas saat menayangkan multimedia ini juga sangat diperlukan :)

      Hapus
  2. Assalamualaikum
    Saya ingin sedikit menambahkan tentang kelebihan Multimedia dalam Pembelajaran, yaitu
    1. Pembelajaran lebih inovatif dan interaktif.
    2. Teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam suatu kesatuan yang saling mendukung.
    3. Menambah motivasi pembelajar selama proses belajar.
    4. Mampu menvisualisasikan materi yang selama ini sulit.
    5. Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Hanya ingin menambahkan dari kelebihan tentu ada kekurangan dari multimedia ini.
    Kekurangan yaitu
    1. Biayanya relative mahal untuk tahap awal
    2. Kemampuan SDM dalam pengembangan multimedia masih perlu ditingkatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tambahannya. Selain banyak sekali dampak positifnya, kita tidak dapat menghindari kekurangannya. Akan tetapi 2 kekurangan yang anda sebutkan itu sebenarnya bisa disiasati.
      Pertama, biaya yang relative mahal untuk tahap awal. Seperti perlunya laptop dan koneksi internet. Akan tetapi sebagian besar guru telah memiliki laptop pribadi, lain halnya guru di daerah tertinggal. Koneksi internet juga sekarang mudah dan cepat didapat dengan harga yang bervariasi.
      Kedua kemampuan SDM dalam mengembangkan multimedia juga telah disiasati oleh pemerintah, banyak pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pemerintah untuk menunjang kualitas guru salah satunya di bidang teknologi (pelatihan ict). Hanya saja guru yang kurang bahkan tidak memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar lebih dalam tentang mengembangkan dan mendesain multimedia.
      Mungkin juga kekurangan lain dari penggunaan multimedia adalah masih sulitnya infrastruktur penunjang di daerah tertentu, seperti listrik dan ketersediaan infokus didalam setiap kelas.

      Hapus
  4. Apakah ada dampak positif dari penggunaan multimedia dalam pembeljaran?

    BalasHapus